Doa Sudah Diajarkan Semenjak Adam Diciptakan

 bahwa dikala Allah SWT meniupkan roh ke jasad Adam yang gres diciptakan mulai dari atas k Doa Sudah Diajarkan Sejak Adam Diciptakan Ibnu Abas RA mengatakan, bahwa dikala Allah SWT meniupkan roh ke jasad Adam yang gres diciptakan mulai dari atas kepalanya, kemudian dikala roh itu sudah hingga pada separuh jasadnya, hiduplah Adam. Allah takjub sekali dengan kebagusan jasadnya. Lalu, Adam mencoba melangkah dan apa yang terjadi?
 

Adam ternyata terjatuh lantaran belum sanggup melangkah. Itulah sebabnya mengapa insan selalu tidak sabar. Itu pula kebodohan manusia, sebagaimana Allah berfirman, "Wakaana zholuuman jahuula" (Dan insan itu selalu zhalim dan bodoh). Setelah usai roh ditiupkan ke seluruh jasadnya, tiba-tiba Adam bersin kemudian berkata: 

 bahwa dikala Allah SWT meniupkan roh ke jasad Adam yang gres diciptakan mulai dari atas k Doa Sudah Diajarkan Sejak Adam Diciptakan

"Segala puji bagi Allah, segala ide itu datangnya dari Allah Yang Mahatinggi."

Lalu Allah menjawab:
 bahwa dikala Allah SWT meniupkan roh ke jasad Adam yang gres diciptakan mulai dari atas k Doa Sudah Diajarkan Sejak Adam Diciptakan
"Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepadamu hai Adam." (Dikutip dari Tafsir Thabari, 1/202).

Demikian itulah yang pertama kali diajarkan Allah kepada insan pertama, mengucapkan kalimat doa dikala bersin. Oleh lantaran itu, dikala ada orang lain bersin, kemudian ia mengucapkan "Alhamdulillah", wajib bagi kita menyambut dengan kalimat doa, "Yarhamukallooh" (Semoga engkau dirahmati Allah). 


Dengan klarifikasi ini, pahamlah kita bahwa doa ternyata sudah ada dan diajarkan oleh Allah semenjak Adam, insan pertama yang diciptakan. Kemudian, tahukah Anda siapa insan pertama yang meratapi nasibnya?Siapa pula yang merintih menangis dan mengiba kepada Tuhan dengan doa penyesalannya? 

Jawabannya ialah Adam AS bersama istrinya, Hawa. Mereka pula yang pertama diturunkan dari nirwana ke bumi, yang pertama meratapi nasibnya lantaran terusir dari surga, dan yang pertama menangis dalam doanya memohon ampun serta rahmat-Nya biar kelak dikembalikan lagi ke surga. Sumber: Buku Dahsyatnya Doa Para Nabi.

Tags yang terkait dengan doa nabi adam: doa nabi adam taubat, doa nabi adam untuk bertemu hawa, doa nabi adam dan hawa, doa nabi yunus, doa nabi ibrahim, doa nabi nuh, doa nabi yusuf, doa nabi musa.
Buat lebih berguna, kongsi:
close