Mengatasi Dilema Hutang

Dengan Ridhonya - Sebelum berutang, pelajari cara mengelola keuangan yang baik. Karena utang tanpa pengelolaan, akan menciptakan utang secuil menjadi utang menggunung. Dan
Jangan murung kalau mempunyai utang menggunung, alasannya ialah anda juga mempunyai potensi untuk menghasilkan harta segunung atau beberapa gunung

Untuk apa kita berhutang? Umumnya hutang digambarkan sebagai "solusi atas duduk kasus keuangan kita". Lihat saja iklan iklan produk perbankan, semua menggambarkan hutang sebagai solusi. Hutang memang akan menjadi solusi dikala kita bisa mengelola nya dengan benar. Namun sanggup menjadi duduk kasus dikala tidak dikelola dengan baik. Dan yang lebih penting lagi, dikala hutang sudah menjadi masalah, bagaimana mengatasinya?

Bagi Anda yang pernah ada dalam posisi berhutang dan mencicipi beratnya membayar hutang, niscaya ingat alternatif apa yang kita pikirkan dikala hutang menjadi masalah. Ya, berhutang lagi. Hampir selalu begitu. Ini sama saja mengatasi duduk kasus dengan masalah. Hasilnya ya duduk kasus yang lebih besar.
Saya juga pernah dalam posisi berhutang, dan Alhamdulillah sanggup mengatasinya. Bagaimana saya bisa menuntaskan duduk kasus saya dulu?  Ternyata bukan dengan berhutang lagi. Masalah ternyata tidak sanggup diselesaikan dengan masalah, namun harus diselesaikan secara tuntas dari dalam ke luar (inside-out). Ibarat pengobatan, harus dari dalam, gres manjur. Berikut caranya :

Jangan menghindar  
Dalam menghadapi masalah, berhutang itu masuk akal dan sanggup diselesaikan. Makara Anda jangan hingga menghindar dari pemberi hutang. Semakin Anda menghindar, duduk kasus akan semakin besar dan tersa berat.  Hadapi dan ajak bicara baik-baik. Tawarkan solusi dan ajak diskusi. Mereka juga berkepentingan supaya Anda bisa membayar hutang. Anda juga tidak perlu merasa dalam posisi di bawah. Hubungan bisnis itu posisinya setara.  Para konglomerat yang punya hutang trilyunan saja (dan nunggak bertahun-tahun!)  kalau bernegosiasi dengan Pejabat tampil Power Full. Makara kalau hutang Anda masih puluhan atau ratusan juta ya santai aja. Tidak akan menyered anda ke penjara atau ke kematian, itu bisa selsai dengan perundingan yang baik.

Jangan terpaku memikirkan duduk kasus hutang
Semakin dipikirkan, maka duduk kasus akan semakin berat. Lagipula, suatu duduk kasus tidak akan selesai dengan dipikirkan malah anda akan tebelengu didalamnya dan rusaklah nalar sehat anda. Robahlah cara pikir  dan mulailah berpikir perihal peluang-peluang dan kesempatan-kesempatan untuk memperoleh uang embel-embel TANPA BERHUTANG.  Kalau kita berpikiran bahwa solusi akan tiba dengan cara mencari hutang lagi, maka itu yang akan terjadi. Makara stop memikirkan bahwa kita akan menambah hutang untuk menutup hutang. Pikirkanlah  peluang.
Mungkin Anda akan protes, walah susah nih, bagaimana caranya? Peluang apa? Hari ini mungkin Anda belum kepikiran, tapi InsyaAllah Tuhan akan memperlihatkan proteksi dikala Anda mulai berpikir perihal peluang. Perhatikan sekitar Anda, adakah peluang untuk menghasilkan uang embel-embel secara halal dengan cepat? Saya yakin niscaya ada. Ketika kita mulai berpikir perihal peluang, pintu rizki akan terbuka.

Terus bersyukur
Ini yang paling berat. Mana mungkin dalam keadaan babak-belur "terjepit hutang" masih bersyukur. Justru disini tantangannya. Allah Swt Maha Bijaksana. Pengalaman berhutang ini tentu ada maksudnya. Saya yakin maksud tadi ialah baik untuk Anda. Barangkali akan mengantarkan Anda pada posisi yang jauh lebih baik. Maka tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. Tiap detik, tiap waktu, ucapkan rasa syukur di hati dan di bibir. Caranya dengan mengingat-ingat anugerah atau Nikmat yang Allah Berikan atau yang sudah Anda terima. Kesehatan yang itu penting, bila anda dalam kondisi demikian di kasih sakit mau gimana ? maka syukurilah,  Anak Anda yang lucu-lucu, pasangan Anda yang baik, Pekerjaan Anda yang diperebutkan ribuan orang, bisnis Anda yang Alhamdulillah masih berjalan, dan banyak lagi. Ini penting untuk menjaga semoga hati Anda selalu dalam keadaan "feel good". Peluang tidak akan tiba kepada orang dengan pikiran yang suntuk dan hati yang terus meratapi dan kecewa sudahlah ini sudah  terjadi. Ganti isi pikiran dan hati Anda dengan rasa syukur yang mendalam.

Tetap berbahagia. 
Masalah serius yang saya amati dari orang yang menghadapi duduk kasus hutang ialah mereka menjadi tidak bahagia. Mereka merasa jadi orang susah. "Aura" susah ini terpancar keluar dan akhirnya mereka canggung dalam berbisnis, karenanya bisnis ya makin susah. Anda harus selalu berbahagia. Hutang Anda terjadinya di dunia "luar" Anda. Diri Anda yang ada di dalam Anda tidak terpengaruh apapun yg terjadi di luar sana. Kalau Anda mau bahagia, maka jadilah Anda senang SEKARANG,  apapun keadaan Anda.  Dengan selalu bahagia, "aura" senang Anda akan selalu terpancar, bahasa badan Anda akan enak, ngomong lancar, berbisnis pun lancar.

Ambil tindakan. 
Ketika ada peluang untuk mendapat rizki embel-embel tanpa berhutang, segera ambil tindakan. Sekecil apapun itu. Kadang Zat Allah Swt  bekerja dengan misterius. Hal-hal yang kelihatannya kecil dan sepele, kadang menjadi besar dan membawa berkah di masa depan. Jangan ada hari tanpa tindakan. Mulai setiap hari Anda dengan semangat, alasannya ialah Anda tahu akan melaksanakan apa hari ini.
Pasrahkan. Dengan tetap berusaha, selalu pasrahkan pada Allah Swt penyelesaian terbaiknya.  Allah  Maha Tahu dan Bijaksana, niscaya akan memperlihatkan solusi yang terbaik. Kadang Allah Swt membayarkan hutang Anda dengan cara yang unik, maka Anda harus selalu open-minded.

Masalah Pati selesai.
Masalah yang Anda hadapi mungkin ialah salah satu kepingan dari pembelajaran Anda menjadi pembisnis besar. Kalau mengatasi hutang puluhan juta saja tidak bisa bagaimana nanti jadi konglomerat yang punya hutang ratusan milyar? Makara bagi yang sedang punya duduk kasus dengan hutang, tetap semangat, selalu bersyukur, dan selalu hadirkan kebahagiaan di hati.

InsyaAllah semua akan beres.

Baca Juga :
Badai Masalah - Klik disini
Kata Motivasi Hutang - Klik disini
Doa Doa Mustajab - Klik disini


Info layanan kami :
     Di Doakan Secara Khusus   Klik Disini »  ·  Terapi Air  Hikmah   Klik Disini »     ·  Pengizajahan Ilmu Hikmah   Klik  Disini »   ·   Tasbih Laduni    Klik Disini » ·  Ilmu Rajah / Wifik   Klik  Disini »  · Milikilah Ilmu Hikmah Mencapai Hidup Berkah dan Barokah   Klik Disini »   ·   Anda ingin Menjadi Santri Online  Al-Hikmah Nur Imani   Klik Disini »
Buat lebih berguna, kongsi:
close